Kemenag Balut Gelar Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti

0
145

Serba-serbi peringatan Hari Amal Bhakti yang diselenggarakan Kementrian Agama Kabupaten Banggai Laut.(F-ist)

BALUT, Sultengmembangun.com – Memperingati hari Amal Bhakti, Kementrian Agama Kabupaten Banggai Laut melaksanakan upacara di Taman kota Banggai, Kabupaten Banggai Laut.

Upacara dipimpin Bupati Banggai Laut, Drs.H.Wenny Bukamo, dihadiri oleh seluruh jajaran SKPD Setdakab Banggai Laut, para siswa-siswi SD, SMP SMA di Kota Banggai.

Dalam upacara tersebut, Bupati Banggai Laut, Wenny Bukamo membacakan sambutan mentri agama menyampaikan kementrian agama di bentuk pada 3 Januari 1946 dengan mentri agama pertama H. Muhammad Rasyid. Kementrian agama lahir dalam mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan belanda, sebagai bagian dari perangkat bernegara dan pemerintahan kementrian agama lahir didasari pasal 29 UUD 45.

Di dalam pasal 29 menyatakan negara berdasarkan ketuhanan yang maha esa. Dan negara menjamin setiap penduduk untuk memeluk agamanya msing- masing dan beribadah menurut agama dan kepercayaannya masing-masing.

Hal ini mengandung makna ketuhanan yang maha esa merupakan fundamental moral yang harus melandasi penyelenggaraan negara, pemerintah dan pembangunan serta menjunjung tinggi nilai-nilai kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara.

BACA JUGA  Inikah Alasan Kapal Perang Indonesia Tak Berani Tembak Kapal Vietnam yang Sengaja Menabraknya?

Negara secara aktif melindungi hak dan kewajiban beragama dalam bermasyarakat, beribadah dan melindungi setiap pemeluk agama.

” Dalam negara pancasila siapapun dengan alasan apapun tidak bisa melakukan propaganda anti agama,” tegas Bupati dalam sambutan Menteri Agama.

Dia menambahkan bahwa didalam pasal tersebut melarang kita untuk melakukan penistaan terhadap ajaran agama dan simbol-simbol keagamaan, melakukan pemaksaan agama, penyebaran ujaran kebencian dan kekerasan terhadap agama yang berbeda.

Demikian pula agama tidak boleh bertentangan dengan ideologi negara karena agama dan ideologi negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk kehidupan manusia.

Hadir dalam upacara tersebut para pimpinan SKPD, PLt Sekda Kabupaten Banggai Laut, Forkompinda dan sejumlah undangan, para tokoh masyarakat di Banggai Laut. (NP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here