Kelurahan Birobuli Utara Jadi Pionir Program STBM di Kota Palu

0
330

Penandatanganan deklarasi pelaksanaan program STBM di Kelurahan Birobuli Utara, oleh para pimpinan dari Forkompinda Kota Palu. (F-nila)

PALU, Sultengmembangun. com – Untuk yang pertama kalinya di Kota Palu, Kegiatan STBM atau Orientasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dilaksanakan di Kelurahan Birobuli Utara. STBM ini merupakan intervensi terpadu melalui pendekatan sanitasi total berbasis masyarakat, yang diharapkan menjadi pionir bagi kelurahan lainnya di Kota Palu. Demikian dikatakan Sekda Kota Palu, Asri.SH saat membuka Deklarasi STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakata) Untuk Stop Buang Air Besar Sembarangan (BAB) di Kelurahan Birobuli Utara, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (7/12/2019), di Lapangan Sapta Marga Faqih H. Rasyid di Jalan Abdul Rahman Saleh. Palu Selatan.

Asri SH, Sekretaris Kota Palu

Pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah suatu pendekatan partisipatif yang mengajak masyarakat untuk dapat berpikir dan mengambil tindakan serta meninggalkan kebiasaan buang air besar (BAB) di tempat terbuka atau di sembarang tempat.
Asmin Nado, Lurah Birobuli Utara

Sebagaimana disampaikan Ketua Panitia deklarasi STBM yang sekaligus adalah Lurah Birobuli Utara, Asmin Nado menyebutkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat, menuju Kelurahan Birobuli Utara sebagai kelurahan percontohan untuk program STBM di wilayah Kota Palu.

BACA JUGA  Maknai Ramadhan, Pihak Bank Sulteng Santuni Anak Yatim

” Diharapkan dengan adanya Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) ini dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di kelurahan Birobuli Utara, ” ujar Asmin Nado.

Program STBM yang dilaksanakan oleh Kelurahan Birobuli Utara, mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Palu.

” Atas nama Pemerintah Kota Palu, kami menyambut baik kegiatan STBM yang dilaksanakan oleh Kelurahan Birobuli Utara. Dan saya harap ini bisa menjadi contoh bagi kelurahan lainnya yang ada di Palu dan bagi kelurahan/desa di kabupaten lainnya di wilayah Sulawesi Tengah, ” kata Asri menambahkan bahwa STBM memiliki peran yang sangat penting dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan manusia.

Pada kesempatan yang sama, Kadis Kesehatan Kota Palu, dr. Husaema. M. Kes.

dr. Husaema. M. Kes., kadis kesehatan kota palu

menambahkan program STBM yang diinisiasi oleh kelurahan Birobuli Utara merupakan langkah yang nyata dalam upaya meningkatkan peran masyarakat, meningkatkan komitmen masyarakat untuk berperilaku hidup sehat dengan melaksanakan 5 pilar yang ada di program STBM diantaranya meningkatkan akses sanitasi masyarakat 100% dan percepatan Stop Buang Air Besar Sembarangan menjadi prioritas kegiatan di seluruh wilayah kelurahan Birobuli Utara.

BACA JUGA  Seputar Hukum bagi Pecandu Narkoba

” Semoga saja program ini bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Kelurahan Birobuli Utara, ” kata dr. Husaema sembari berharap agar program STBM ini bisa menular ke kelurahan lainnya di Kota Palu dan bersinergi dengan sejumlah puskesmas yang di setiap kelurahan.

Deklarasi STBM di kelurahan Birobuli Utara ditandai dengan pembacaan ikrar Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan oleh komunitas tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan di kelurahan Birobuli Utara.

Penyerahan sertifikat kepada lurah birobuli utara atas inisiasinya dalam pelaksanaan program STBM

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi STBM oleh para pimpinan dari Forkompinda Kota Palu.

Deklarasi STBM di Kelurahan Birobuli Utara berlangsung dengan sukses berkat kerjasama antara kelurahan Birobuli Utara dengan Korem 132 Tadulako yang dalam hal ini diwakili oleh Pelda Sudiyono, anggota Koramil 16/Palu Timur sekaligus Babinsa di Kelurahan Birobuli Utara. Ditambah lagi dengan beragam acara yang mewarnai kegiatan ini diantaranya
ada pementasan tari pamonte dari sanggar seni kecamatan Palu Selatan, ada senam kreasi sehat dari personil puskesmas Birobuli Utara dan tari penyambutan tamu.

BACA JUGA  Pemkot Palu Hadirkan Program Kampung KB "Kabelota Loko" di Kelurahan Poboya

” Atas kerjasama dan peran sertanya dalam menyukseskan pelaksanaan kegiatan ini, kami ucapkan terimakasih,” tutup Asmin Nado diakhir sambutannya. (Nila)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here