oleh

Kapolda Sulteng Jadi Peserta Perdana Penyuntikan Vaksin Sinovac

Kapolda Sulawesi Tengah, Irjen Pol Drs. Abdul Rakhman Baso, SH, saat menjalani proses penyuntikan vaksin Sinovac di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Palu, Kamis (14/1/2021).(F-dok.ist)

PALU, SM.Com – Kapolda Sulawesi Tengah, Irjen Pol Drs. Abdul Rakhman Baso, SH, menjadi salah satu penerima vaksin perdana yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Sulteng, di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Palu, pada Kamis 14 Januari 2021. Selain di RSUD Undata, vaksinasi Covid-19 juga dilakukan di RSUD Anutapura dan RSUD Madani. Dan pada hari itu, ada tiga daerah di Sulteng yang serentak melaksanakan vaksinasi yaitu Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Poso.

Sesuai aturan yang berlaku, pelaksanaan vaksinasi dilakukan dalam empat tahap, yaitu dimulai dari tahap/proses pendaftaran, tahap kedua pemeriksaan kesehatan, tahap ketiga pemberian vaksi dan terakhir tahap observasi selama tiga puluh menit.

Didalam tahapan tersebut, Irjen Pol Abdul Rakhman Baso melalui serangkaian pemeriksaan diantaranya pemeriksaan tekanan darah dan suhu tubuh. Dan pada gilirannya setelah disuntikkan vaksin Sinovac, beliau mengakui kalau dirinya tak mengalami reaksi yang berat selama masa observasi, 30 menit di ruang khusus yang sudah disediakan oleh pihak rumah sakit.

BACA JUGA  Gubernur dan Tim Satgas Rehab Rekon Memantau Progress Pembangunan Huntap Buddha Tzu Chi

“Alhamdulillah saya tidak merasakan pusing, wajah juga tidak ada bentol-bentol. Perasaan saya tetap baik dan sehat seperti biasa. Saya harap masyarakat juga tidak perlu takut untuk divaksin,” katanya kepada wartawan.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, dr I Komang Adi Sujendra mengatakan penyuntikan vaksin Covid-19 di Sulteng dilakukan secara bertahap. Dimulai dari penyediaan vaksin, orang yang akan menerima vaksin, lokasi dan juga jadwal pelaksanaan.Namun vaksinasi awal di prioritaskan untuk Nakes.

Dan terkait dengan vaksin Sinovac ini, dr. I Komang mengimbau masyarakat untuk tidak takut divaksin. Karena vaksin Sinovac ini sudah dijamin keamanannya oleh BPOM.(nina)

Komentar

News Feed