oleh

Jeritan Tangis Ribuan Jiwa Penduduk Desa Lengkeka Warnai Momentum HUT Ke 125 Kabupaten Poso

Satu persatu warga desa Lengkeka kembali ke rumah mengecek keberadaan dan melihat kondisi rumah apakah masih ada yang tersisa.(F-it)

PALU, Sultengmembangun.com – Pasca banjir bandang yang mendera Desa Lengkeka (Bada), Kecamatan Lore Barat, Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah, banyak warga yang terpaksa harus kehilangan tempat tinggal. Kerugian material yang cukup luar biasa, dialami oleh penduduk Desa Lengkeka, Bagian terkecil dari wilayah Kabupaten Poso.

Disela momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke 125 Kabupatem Poso, yang jatuh pada 4 Maret 2020, masyarakat Desa Lengkeka harus menelan pil pahit ini.
Selain kehilangan rumah, seluruh harta benda hanyut terbawa banjir bandang. Dan masyarakatpun harus kehilangan mata pencaharian. Ribuan hektar perkebunan dan persawahan, porak-poranda dihantam banjir. Ratusan bahkan ribuan ekor ternak, ikut mati terbawa banjir. Sehingga mau tak mau, suka tidak suka, masyarakat desa Lengkeka yang terdampak banjir bandang, harus memulai.hidup dari nol.

Berdasarkan data yang diperoleh melalui tim lapangan, salah seorang anggota Babinsa di Desa Lengkeka, Ferdi Ampe menyampaikan bahwa sampai saat ini ada 1 orang korban (hilang/hanyut) terbawa arus banjir bandang yang terjadi di Desa Lengkeka pada Selasa 3 Maret 2020, Pukul 15.00 Wita.

Banjir bandang yang masuk pemukiman penduduk merendam seluruh perkampungan dengan air, lumpur dan balakan kayu yang dibawa banjir.

BACA JUGA  Cegah Penyebaran Covid 19, Pemkot Palu Diminta Sterilkan GBI di Jalan Patimura

” Selain korban 1 orang (hilang) atas Nama ibu Bambang belum diketahui sampai sekarang ini. Juga ada 10 rumah hanyut, dan 1 jembatan rusak dan putus. Dimana jembatan ini merupakan satu-satunya akses menuju ke Desa Kageroa. Dan 11 Rumah rusak berat, 51 rusak ringan,” ungkapnya.

Hingga dihari kedua pasca bencana didesa Lengkeka, ada 900-an jiwa yang masih mengungsi di kantor kecamatan Lore Barat. Berharap secepatnya ada bantuan dari pemerintah Kabupaten Poso dan Pemprov Sulteng untuk meringankan beban masyarakat kita yang terdampak bencana banjir bandang di Desa Lengkeka. (Nila)

Komentar

News Feed