Jelang Pilkades, Kesbangpol Donggala Tingkatkan Kewaspadaan Dini dalam Menjaga Kamtibmas

0
221

Caption : Sinergi Kesbangpol dengan aparat penegak hukum serta intens melakukan upaya deteksi dini terhadap gangguan kamtibmas di wilayah Donggala. (F-humas)

DONGGALA, Sultengmembangun. com – Menyongsong pelaksanaan Pilkades Serentak di Wilayah Kabupaten Donggala, Kesbangpol Donggala kembali menggelar workshop bersama Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) tentang kewaspadaan dini. Workshop dibuka
Kepala Kesbangpol Donggala, Tafif.S.Sos.MSi mewakili Bupati Donggala, Jumat (29/11/2019), di kantor camat Sirenja, Kabupaten Donggala.

Sejalan dengan tema melalui workshop dan pembentukan forum kewaspadaan dini masyarakat ( FKDM ) kecamatan, kita tingkatkan peran deteksi dini dan cegah dini dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif menyongsong Pilkades serentak di wilayah kab.Donggala.

Kehadiran FKDM ini diharapkan menjadi membantu instrumen negara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat. Hal. Ini dapat dilakukan dengan upaya deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman terhadap kamtibmas.

” Upaya kewaspadaan ini sangat penting karena itu dalam setiap kesempatan pihak kesbangpol donggala melakukan pertemuan dengan masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat, ” kata Tafif.

BACA JUGA  Maraknya Info Penyebaran Covid-19 di Sulteng, Gubernur Longki Minta Masyarakat Tetap Tenang

Sementara itu, Kapolres Donggala diwakili Kasat Intelkam Iptu Musa,S.Sos menambahkan dalam menjalankan tugas dan fungsinya, keberadaan FKDM ditengah masyarakat harus dimaksimalkan.
” Sebagai Kasat Intelkam Polres Donggala, kami senantiasa memberikan pendampingan bagi FKDM dan melakukan upaya dalam mengantisipasi dan menunjang kewaspadaan dini di tengah masyarakat demi menjaga situasi yang aman dan kondusif,” ujar Iptu Musa.

Terkait dengan kamtibmas, bukan semata-mata menjadi tugas aparat penegak hukum namun peran masyarakat sangat dibutuhkan terutama yang tergabung dalam FKDM. Minimal FKDM bersama aparat harus melakukan upaya deteksi dini dalam menjaga kamtibmas di daerah masing-masing.

” Jadi ada sinergitas antara FKDM, pihak kepolisian/TNI untuk bersama menjaga kamtibmas,” pungkasnya.

Hadir sebagai peserta Kapolsek Sirenja, Iptu Pahotan Sitohang, Camat Sirenja, Hasran S.Pd, Kasi Trantib, Para Kades dan Sekdes Se-Kec Sirenja dan para tokoh agama dan tokoh masyarakat serta tokoh pemuda. (NP)
.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here