oleh

Jelang Harganas ke 31, BKKBN Sulteng Adakan Webinar tentang Pentingnya Kontrasepsi

SULTENGMEMBANGUN.COM Palu – Jelang perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-31, Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) berkolaborasi dengan Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (PD IBI) Sulteng menyelenggarakan webinar bertema “Update Pelayanan Kontrasepsi”, Kegiatan ini merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-73.

Webinar dihadiri para bidan, Penyuluh Keluarga Berencana (PKB/PLKB), OPD KB Kabupaten/Kota, mahasiswa, dan dosen kebidanan dari perguruan tinggi kesehatan di Sulteng pada Selasa (28/05/2024).

Euis Bianca, SKM., M.Kes, Ketua PD IBI Sulawesi Tengah selaku pemateri, mengantar tentang Etika Profesi Bidan. Bianca menegaskan pentingnya menerapkan prinsip-prinsip kode etik dalam praktik kebidanan, termasuk menghargai otonomi pasien dan menjaga kerahasiaan.

Sesi berikutnya disampaikan oleh dr. Daniel Saranga, Sp.OG.Subsp.Obginsos, yang memberikan wawasan terbaru tentang pemasangan dan pencabutan implan. Diskusi meliputi definisi, cara kerja, efektivitas, serta keuntungan dan keterbatasan penggunaan implan sebagai metode kontrasepsi.

Tidak ketinggalan, dr. Christofer J.H Ladja, Sp.OG.M.Kes.FICS, juga berbagi pengetahuan mengenai tata cara pemasangan dan pencabutan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) atau IUD. Materi ini mencakup segala aspek mulai dari cara kerja, efektivitas, hingga prosedur klinis yang terlibat.

BACA JUGA  Paus Raksasa Terdampar di Pantai Posos Lalongo dalam Keadaan Tak Bernyawa

Webinar “Update Pelayanan Kontrasepsi” memberikan informasi terbaru tentang kontrasepsi, memberikan wawasan berharga bagi para tenaga kesehatan. Di akhir kegiatan, para peserta juga berpartisipasi dalam sesi diskusi tanya jawab, memberikan kesempatan untuk pemahaman yang lebih mendalam tentang isu-isu terkait kontrasepsi.***

Komentar