oleh

Jalur Alternatif Poso-Palu, Putus Akibat Longsor di Ruas Jalan Desa Tangkura-Sangginora

Timbunan Longsor. Tampak timbunan tanah, pohon tumbanh dan bebatuan dari longsoran menutup seluruh badan jalan di ruas jalur trans di Desa Tangkura-Desa Sangginora.(F-ist)
PALU, SM.com – Pasca putusnya jembatan di Desa Maranda- Desa Trimulya, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, maka untuk menuju ke Palu diharapkan para pengendara bisa melalui jalur alternatif yakni jalan menuju ke Napu. Namun faktanya, Jalur alternatif yang diharapkan bisa dilalui dari Poso ke Palu, nyatanya tidak bisa diharapkan juga. Sebab jalur tersebut juga terputus karena adanya longsor di ruas jalan desa Tangkura – Desa Sangginora.

Berdasarkan nformasi yang disampaikan oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng, Haris Kariming, melalui surat yang ditujukan kepada Kapolda Sulteng, intinya menyebutkan jalur trans Desa Tangkura-Desa Sangginora terputus sejak 2 Mei 2020.
Putusnya jalur tersebut akibat longsor yang terjadi di beberapa titik yang menutupi jalan trans Tangkura – Sangginora sehingga tidak dapat di lalui kendaraan.

Longsor yang terjadi disejumlah titik menyebabkan badan jalan tertutup dikarenakan timbunan tanah, batu dan kayu tumbang yang menutup seluruh badan jalan sehingga tidak dapat di lalui kendaraan.
Tak.hanya itu, pohon yang tumbang selain menutup badan jalan, juga mengakibatkan putusnya kabel listrik PLN yang mengarah ke wilayah Desa Sangginora.
Diperkirakan timbunan tanah akinat longsoran menutup seluruh badan jalan kurang lebih sepanjang 25 Meter . Selain itu disalah satu titik, ditemui adanya longsoran badan jalan bagian bawah hingga mengikis sebagian badan jalan.

” Longsor terjadi akibat hujan yang cukup deras mengguyur wilayah Kecamatan Poso Pesisir Selatan selama satu malam pada 29 April 2020. Dan sejak itu, dititik longsoran tersebut hanya bisa dilalui sepeda motor dan pejalan kaki,” ungkapnya.

Menindaklanjuti kejadian tersebut, Simon Tiolemba, selaku Camat Poso Pesisir Selatan, telah mengkordinasikan hal itu dengan dinas PU dan meminta untuk segera mengirimkan alat berat guna membuka akses jalan yang tertutup longsoran.(*nil)

BACA JUGA  Peringati Hari Ibu Ke-21, Aksi Jalan Sehat Polda Sulteng Dimeriahkan Ribuan Peserta

Komentar

News Feed