oleh

Jalin Silaturahmi antar Kafilah STQH

Peserta pawai STQH yang dilaksanakan menyambut malam taaruf.(F-hms parimo)

MORUT, Sultengmembangun.com – Guna mewujudkan aktualisasi nilai nilai Al Quran melalui Pembacaan, penghayatan, pengamalan dan Pengaplikasian dalam kehidupan sehari hari, maka diperlukan kemandirian dan kebersamaan dalam membangun Baldatun Toyyibatun Warabbun Gafur.

Olehnya, sebagai wujud kebersamaan itu, malam ini bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Morowali Utara (Morut) dilaksanakan Malam Ta’aruf Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) ke- XXV tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, Jum’at (8/3/2019).

Seluruh Kafilah dari 13 Kabupaten Kota Hadir memenuhi malam Ta’aruf bersama para pejabat dilingkungan Pemerintah Morowali Utara.

Kafilah Kabupaten Parigi Moutong dibawah pimpinan Ketua Kafilah yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong Drs Samin Latandu di dampingi Asisten Administrasi Umum Arman Maulana SPd MSi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Dr Rusman Langke dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan STQH sebagai bahan evaluasi untuk mewujudkan insan insan Qurani yang berkualitas dan berakhlakul Karimah.

“Kita bersyukur karena STQ yang setiap 2 tahun sekali dilaksanakan, Insya Allah mengahasilkan peserta terbaik yang akan mewakili Provinsi Sulawesi Tengah Pada STQ Tingkat Nasional di Provinsi Kalimantan Barat Pontianak,”ungkapnya.

BACA JUGA  Berbagi di Masa Pandemi Covid 19, Polda Sulteng Salurkan 3 ton Beras dan 600 Paket Sembako kepada Nelayan

Rusman Langke mengapresiasi pelaksanaan STQH di Morowali, Arenannya boleh dikata setingkat Nasional.

Rusman menambahkan, kegiatan malam Ta’aruf, agar di jadikan saling kenal mengenal antara satu dengan lainnya, sehingga menghasilkan Qori dan Qoriah, Hafidz dan Hafizah, Mufasir dan Mufasirah yang saling kenal mengenal.

Diakhir sambutannya, Kadepag Rusman berjanji akan membangun Kantor Kementerian Agama yang baru tahun depan.

Sementara itu Bupati Morowali Utara Ir Aptripel Tumimomor MT mengucapkan selamat datang kepada seluruh Kafilah Kabupaten Kota se Provinsi Sulawesi Tengah yang telah memenuhi undangan Malam Ta’aruf.

“Saya ucapkan selamat datang seluruh tamu tamu Allah di bumi Morowali Utara,”,kata Aptripel.

Aptripel menambahkan, selaku ketua Umum STQH, dirinya sangat bangga dipercayakan menjadi tuan rumah.

“Saya berterima kasih mendapat kehormatan menjadi tuan rumah, saya berharap melalui STQH ini kita lebih mempererat hubungan silaturrahmi,”pungkasnya

Selanjutnya Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Drs Hidayat Lamakarate MSi menyampaikan bahwa pelaksanan STQH di Morowali Utara merupakan STQH luar biasa.

BACA JUGA  Kapolda Sulteng Jadi Irup pada Perayaan HUT Brimob ke 75

“Saya sudah lihat Arenanya, ini adalah STQ rasa MTQ,”imbuhnya.

Hidayat juga mengatakan, dalam setiap perlombaan pasti memilih yang terbaik dari yang terbaik.

Malam Ta’aruf STQH ditandai dengan pemberian cendera mata dari Seluruh Kafilah kepada Pemerintah Morowali Utara, begitupun sebaliknya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Para Bupati Wali Kota Se Provinsi Sulawesi Tengah, para Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kota se Provinsi Sulawesi Tengah, para Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) se Provinsi Sulawesi Tengah dan seluruh Peserta STQH. (Ris)
REDAKTUR : NILA

Komentar

News Feed