Jalin Kemitraan dengan Pemkot Palu, Kepala BNN Palu Temui Wali Kota

0
131

Kepala BNN Kota Palu, AKBP Abire Nusu dan Wali Kota Palu, Hidayat bersama staf BNN Kota Palu, foto bersama di ruang kerja Wali Kota Palu. (F-Humas BNN Kota)

Palu, Sultengmembangun.com – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palu, AKBP Abire Nusu, menemui Wali Kota Palu, Hidayat, di ruang kerjanya, Senin (28/1/2019).
Kunjungan AKBP Abire Nusu itu, dalam rangka silaturrhim sekaligus koordinasi dan menyosialisasikan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) 2018-2019.
Menurut Abire, BNN Kota Palu tidak bisa menjalankan program-programnya dengan baik tanpa dukungan pemerintah setempat. “Kunjungan kita silaturrahmi, sekaligus koordinasi program-program kerja BNN Kota Palu,”ungkap Abire, Selasa (29/1/2019).
Penting bagi BNN menyosialisasikan Inpres tersebut. Karena, seluruh lembaga pemerintah terkait harus saling berkoordinasi dengan baik untuk meraih kebehasilan.
Inpres itu mulai berlaku sejak ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 28 Agustus 2018, sebagai langkah penguatan P4GN dan prekursor narkotika. Ditujukan kepada kepada para Menteri Kabinet Kerja, Sekretaris Kabinet, Jaksa Agung, PanglimaTNI, Kepala BIN, para pimpinan lembaga negara non kementerian, gubernur, serta bupati/wali kota.
‘Melaporkan hasil pelaksanaan Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2018-2019 kepada Presiden melalui Kepala BNN setiap akhir tahun anggaran’ bunyi diktum kedua Inpres tersebut.
Instruksi khusus diarahkan kepada Menko Polhukam, untuk memfasilitasi BNN dalam mengoordinasi kementerian dan lembaga untuk melaksanakan Rencana Aksi Nasional P4GN 2018-2019. Begitupun, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), diinstruksikan Presiden untuk mengoordinasikan pemerintah daerah melaksanakan Rencana Aksi Nasional P4GN 2018-2019.
Sementara itu, kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Presiden menginstruksikan untuk melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2018-2019.
‘Sekretariat Kabinet melakukan pengawasan pelaksanaan Instruksi Presiden ini’ bunyi diktum ketiga poin 4.
Khusus Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Presiden menginstruksikan mengoordinasikan kementerian dan lembaga dalam melaksanakan Rencana Aksi Nasional P4GN 2018-2019.
Selain itu, bersama Mendagri menggordinasikan pemerintah daerah dalam melaksanakan Rencana Aksi Nasional P4GN 2018-2019, serta bersama Menteri PPN/Kepala Bappenas melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2018-2019.
Presiden juga menginstruksikan kepada Kepala BNN untuk melaporkan berbagai hal kepada Presiden, yakni hasil pemantauan dan avaluasi pelaksanaan Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2018-2019 yang dilakukan bersama Menteri PPN/Kepala Bappenas secara berkala setiap enam bulan atau sewaktu-waktu apabila diperlukan.
Kepala BNN juga diminta menyampaikan pelaksanaan Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2018-2019 berdasarkan laporan kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah setiap akhir tahun anggaran.
Dalam Inpres itu, juga ditegaskan pelaksananaan Rencana Aksi Nasional P4GN 2018-2019, dapat mengikutsertakan peran masyarakat dan pelaku usaha sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.
Oleh karena itu, Abire mengajak seluruh stake holder agar dapat bekerja sama dengan baik agar pelaksanaan rencana aksi nasional ini berjalan dengan baik.**(AMI/Sultengraya)

REDAKTUR : NILA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here