oleh

Hartati : Demo Penutupan Jalan di Loli, Diduga Kuat Ditunggangi Penyusup Kriminal

Pertemuan dengan Kapolres Donggala dalam rangka menindaklanjuti aksi blokade jalan umum yang terjadi kemarin di Desa Loli.(F-dok.ist)

SULTENGMEMBANGUN.COM, DONGGALA
Aksi penutupan jalan yang terjadi Senin 27 September 2021 kemarin, sangat disesalkan. Apalagi yang dblokade itu jalan Trans Sulawesi yang merupakan jalur utama untuk kepentingan umum.

Hartati Hartono, MH, selaku Ketua LBH Pengacara Rakyat, mengatakan bahwa aksi penutupan jalan yang terjadi kemarin di Desa Loli, diduga telah ditunggangi oleh penyusup kriminal. Mereka inilah yang memprovokasi warga di Desa Loli untuk memblokade jalan umum sehingga membuat terjadinya kemacetan.

” Apa alasan mereka melakukan aksi dengan memblokade jalan umum. Sementara masalah para penyintas ini khususnya yang ada di Loli, baik itu Loli saluran, Loli Tasiburi, Loli pesua, dan Loli Dondo yang seyogyanya sudah clear. Sesuai data yang kami himpun dari sejumlah Kepala
Desa di Loli,” Ungkap Hartati yang juga adalah Ketua People Tribunal Padagimo.

Berdasarkan data yang ada, pihaknya bisa memperlihatkan bukti data penyintas yang telah menerima dana stimulan. Salah satunya di Desa Loli Saluran itu, ada 270 penyintas yang telah menerima dana stimulan dengan kategori 62 rusak ringan, 31 rusak sedang, 96 rusak berat dan 18 penerima huntap.

BACA JUGA  Forum Rakyat Donggala Gelar Aksi Ungkap KeKecewaan atas Kinerja Tim Angket DPRD Donggala.

” Data tersebut telah kami kuatkan dengan data dari Ayub, Kades Loli saluran. Sehingga besar kemungkinan demo penutupan jalan yang terjadi kemarin, diduga telah disusupi oleh penyusup kriminal yang memprovokasi warga. Dan kami akan terus melakukan investigasi untuk pengembangan kasus ini,” tegas Hartati.

Dan terkait adanya beberapa orang aktivis yang kemarin pada saat aksi sempat diamankan oleh aparat kepolisian Polres Donggala untuk dimintai keterangan, kata Hartati, semuanya telah dipulangkan ke rumah masing masing. Sesuai keterangan dari Kapolres Donggala AKBP Muhammad Yudie Sulistiyo S.I.k.(Nila)

Komentar

News Feed