Hari ini, Warga Petobo & Balaroa Gelar Kongres Korban

0
228

Yahdi Basma

PALU, Sultengmembangun.com – Hingga saat ini penanganan tindak lanjut bagi para korban bencana yang ada di Palu, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong (Padagimo) masih menjadi tanda tanya dan belum ada kejelasan ataupun kepastian terkait seperti apa penyelesaiannya. Hal inilah yang mendesak seluruh warga korban likuifaksi khususnya yang ada di Palu terpaksa harus menggelar Kongres Korban bencana Pasigala atau Padagimo, kata Yahdi Basma selaku ketua forum warga korban likuifaksi Petobo, melalui press releasenya yang disampaikan ke media ini, Minggu (10/3/2019).

Dalam releasenya, Yahdi Basma menyampaikan bahwa pada Senin. 11 Maret 2019, sekitar pukul 09.00 wita, seluruh korban likuifaksi akan mengikuti Kongres Bencana yang dipusatkan di Lapangan Vatulemo Palu.
Olehnya, dihimbau kepada warga korban likuifaksi untuk berkumpul di Sekretariat forum warga korban likuifaksi Petobo.
Karena ada beberapa tuntutan yang harus disuarakan oleh forum ini, tandas Yahdi.
“Saya harapkan kehadiran suadara-saudaraku yang merasa sebagai korban likuifaksi untuk hadir di Kongres Korban hari ini di Lapangan Vatulemo untuk bersama-sama menyampaikan beberapa tuntutan warga,” kata Yahdi.

BACA JUGA  Tindaklanjut Pemulihan, Tim Penanganan Bencana DPR RI Temui Gubernur Sulteng

Adapun tuntutan yang harus dipaksakan agar dijalankan Pemerintah,yakni meminta kepada pemerintah untuk merevisi SK Gubernur No.369 tentang Area Relokasi HUNTAP, dan mengikutsertakan PETOBO dan BALAROA sebagai AREA RELOKASI.
Karena apapun yang terjadi, Warga Petobo Tetap di Petobo Atas.

Tuntutan lainnya, Menolak mekanisme dana stimulan yang berbelit-belit untuk HUNTAP dan berikan secara TUNAI kepada Korban.
Dan segerakan salurkan Uang Duka bagi Ahli Waris Korban Petobo. Para korban juga meminta agar pemerintah segerakan pemenuhan AIR BERSIH dan kebutuhan pokok Korban Petobo serta melakukan penghapusan atau keringanan utang korban likuifaksi yang masih sedang mencicil huniannya.

“Inilah beberapa tuntutan yang akan kita suarakan bersama didalam Kongres Korban. Karena itu kehadiran kita semua sangat diharapkan sebagai bukti bahwa warga Petobo dan Balaroa korban likuifaksi bangkit dan bersatu dalam menyuarakan haknya,” pungkasnya.(nila)
REDAKTUR : NILA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here