Gubernur Umumkan Satu PDP di RSUD Undata, Positip Corona

0
83

Data update Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Tengah per 26 Maret 2020.(F-ist)

PALU, SM
– Gubernur Sulawesi Tengah, Drs.H.Longki Djanggola, umumkan Kasus Pertama seorang pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Palu, dinyatakan positif terjangkit Virus Corona atau Covid-19.

Berdasarkan data update Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Tengah, Gubernur Longki menyebutkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 38 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 19 orang.

“Dari 19 orang ini (PDP), 1 positif yaitu pasien di ruang 04 di Rumah Sakit Undata,”ucap Gubernur Longki Djanggola saat melaporkan kondisi terkini Provini Sulawesi Tengah pada Siaran Berita di TV didampingi Kadis Kesehatan Provinsi Sulteng, dr.RenyA.Lamadjido ,Sp.PK,M.Kes sekira pukul 17.20 WITA, bertempat di ruang kerja umgubernur, Kamis (26/3/2020).

Sehubungan penanganan pasien ODP, PDP dan isolasi, Ia pun menuturkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terus berupaya semaksimal mungkin melakukan penanganan sesuai protokol kemenkes RI SOP penanganan Covid-19.

“khusus kami Se-Sulawesi Tengah, tenaga kesehatan yang ada jumlahnya kurang lebih 16.307 orang, tenaga dokter ahli ada 301 orang, tenaga dokter ahli penyakit dalam ada 52 orang, dokter umum ada 359 orang, dokter gigi 55 orang dan total perawat 6.345 orang,”jelasnya.

BACA JUGA  Polsek Palu Utara Serahkan Tersangka Curas Beserta Babuk Secara Vicon

Sejauh ini, Gubernur Sulawesi Tengah telah melakukan langkah-langkah strategis pencegahan penyebaran virus corona, diantaranya menerbitkan surat edaran nomor 443 tentang pencegahan dan antisipasi penyebaran covid-19 di Sulawesi Tengah per tanggal 16 Maret 2020 dan Surat edaran 443 dalam rangka penyesuaian sistem kerja aparatur sipil Negara dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 dilingkungan Instansi Pemerintah Daerah Provinsi Sulteng.

“Ada instruksi gubernur kepada para bupati/walikota Se-Sulteng per tanggal 23 Maret 2020, agar mengambil langkah-langkah dalam pencegahan di wilayahnya masing-masing,”tandasnya.(Nila)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here