oleh

Gubernur Apresiasi Nakes Lakukan Proses Persalinan Ibu Lansia Ditengah Laut

Gubernur Sulteng, H.Rusdy Mastura saat memberi penghargaan atas aksi heroik seorang tenaga kesehatan dari Bangkurung, Banggai Laut.(F-ist)

SULTENGMEMBANGUN.COM, PALU – Gubernur Sulawesi Tengah, H.Rusdy Mastura memberikan penghargaan kepada tenaga kesehatan (nakes) yang telah membantu proses persalinan seorang ibu lansia (Sumarti Slawati-red) yang melahirkan di perahu ditengah laut dalam perjalanan menuju ke rumah sakit.

Penghargaan yang diberikan merupakan bentuk apresiasi gubernur kepada nakes bernama Bidan Awanti A.Md.Keb dan Penyuluh Kesehatan, Antania Ahmad, SKM. Penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura, Jumat (30/7/2021) di Palu.

Perlu diketahui bahwa persalinan tersebut merupakan persalinan beresiko tinggi karena pasien mengandung anak ke-8 di usia 42 tahun. Sehingga, pasien harus dirujuk dari Puskesmas Lantibung Kecamatan Bangkurung ke RSUD Banggai dengan menggunakan perahu.

Namun, ditengah perjalanan bayi tersebut harus segera dilahirkan dengan berbekal alat medis seadanya. Beruntung proses persalinan berjalan lancar, dan pasien berhasil melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki. Dan keduanya, ibu dan bayi selamat.

BACA JUGA  Program Bangga Kencana BKKBN Diharap Mampu Menurunkan Angka Stunting di Sulteng

Selain penghargaan dari Gubernur, para nakes dari Puskesmas Bangkurung tersebut juga mendapatkan penghargaan dari Komandan TNI Angkatan Laut Palu.

Diharapkan perhargaan yang didapatkan bisa memberikan semangat kepada nakes yang telah mengabdi dan memberikan pelayanan terbaik kepada pasien.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa, SH mengharapkan dukungan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, agar bisa mendapatkan kapal emergency mobile guna memudahkan masyarakat apabila terdapat rujukan darurat. Mengingat Kabupaten Banggai Laut sebagian besar wilayahnya adalah laut, dan perjalanan dari Kecamatan Bangkurung ke Kecamatan Banggai membutuhkan waktu sekitar 2 jam. (*Nl)

Komentar

News Feed