Gubernur Apresiasi Kinerja TPID Sulteng dalam Menekan Laju Inflasi Daerah

0
238

Gubernur Longki Djanggola saat membuka rapat High Level Meeting TPID Sulteng dalam rangka penyusunan roadmap TPID Periode 2019-2021.(F-dok.hmsprov)

PALU, Sultengmembangun.com –
Stabilisasi harga pangan di Kota Palu mampu menekan inflasi. Hal ini dibuktikan dengan terjaganya inflasi dibeberapa bulan terakhir, ini menunjukkan kinerja TPID Sulteng dalam menekan laju inflasi patut diapresiasi. Tentunya pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama yang baik dengan OPD terkait sebagai bagian dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sulteng.
“Olehnya itu, atas nama Pemda Provinsi Sulawesi Tengah, kami sangat mengapresiasi kinerja TPID Sulteng,” Ujar Gubernur Longki Djanggola, saat membuka kegiatan high level meeting TPID, yang berlangsung Senin (25/2/2019), bertempat di Hotel Sentral Palu.
Seperti disebutkan sesuai data BPS Sulteng, Pencapaian inflasi Kota Palu pada Oktober 2019, merupakan inflasi tertinggi secara nasional dari 82 Kota dengan indeks harga konsumen sebesar 2,27%. Hal ini disebabkan karena adanya kenaikan harga terhadap sejumlah kebutuhan pokok, kenaikan biaya transportasi udara yang juga naik secara signifikan.
Sementara kondisi inflasi di Kota Palu pada November 2018 kembali mengalami penurunan sebesar 0,83%, penurunan yang sama juga terjadi pada Desember 2018 dengan capaian inflasi hanya sebesar 1,10%. Sedangkan pada Januari 2019 inflasi kembali mengalami penurunan hingga 0,21%.
Terkait hal ini, Gubernur Sulteng Longki Djanggola menyampaikan kepada semua OPD yang merupakan bagian dari TPID Sulteng, agar lebih fokus dalam menjalankan tugas dan fungsinya terutama dalam menyusun roadmap pengendalian inflasi di wilayah Sulteng. Mengingat finalisasi penyusunan roadmap TPID Sulteng 2019-2021, hingga batas akhir Maret 2019.
Disebutkan, dalam penyusunan roadmap TPID Sulteng harua berpedoman pada 4 K yakni keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikas yangi efektif.
Selaku ketua panitiĆ  kegiatan high level meeting TPID Sulteng, Subhan Basir mengatakan tujuan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penyusunan roadmap TPID periode 2019-2021 yang memuat program dan rencana kerja TPID tiga tahun kedepan. Kegiatan ini juga sekaligus membahas issu strategis terkait pengendalian inflasi di daerah ini.
“Harapannya ada sinkronisasi program pengendalian inflasi daerah dengan pihak terkait,” kata Subhan.
Hadir sebagai pemateri pada kegiatan ini antara lain, Kepala Perwakilan BI Sulteng dan Kadivre Bulog Sulteng. (hms)
REDAKTUR : NILAWATI

BACA JUGA  Gubernur Umumkan Satu PDP di RSUD Undata, Positip Corona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here