oleh

Gandeng BPJS Kesehatan, BKKBN Sulteng Pastikan Layanan KB Bisa Diklaim

SULTENGMEMBANGUN.COM, BANGGAI – Pelayanan Kontrasepsi KB merupakan salah satu jenis layanan yang dapat diajukan klaimnya kepada BPJS Kesehatan. Hal itu disampaikan Mahendra Pandu Negara, Plh. Kepala Bagian Penjaminan Manfaat dan Utilisasi BPJS Kesehatan Cabang Luwuk saat menyampaikan materi pada orientasi peningkatan kapasitas tenaga pelaksana pelayanan KB di Fasilitas Kesehatan di Kabupaten Banggai pada Sabtu (28 Oktober 2023).

Dalam penjelasannya, Mahendra Pandu Negara mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018, yang memberikan hak kepada setiap peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk mendapatkan manfaat jaminan kesehatan, termasuk pelayanan KB.

Selain itu, Mahendra juga membahas Standar Tarif Pelayanan Kesehatan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No 3 Tahun 2023. Standar tarif ini mencakup berbagai jenis pelayanan KB di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti puskesmas atau yang setara, serta Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang meliputi Klinik Utama, RS Umum dan RS Khusus.

Sementara itu, Dra. Andi Kameriah, M.A.P. selaku ketua Tim Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) BKKBN Sulteng menambahkan bahwa BKKBN telah menyediakan Dana Alokasi Khusus – Bantuan Operasional Keluarga Berencana (DAK-BOKB) untuk pengajuan klaim jasa pelayanan KB. “Jika ada pengajuan klaim jasa pelayanan KB di BPJS, demikian juga di BKKBN melalui BOKB, telah disediakan anggaran yang sudah diserahkan kepada kabupaten/kota,” tegas Andi Kameriah.

BACA JUGA  Diharapkan Kafilah Donggala Raih Juara Umum

Andi Kameriah melanjutkan, “Jadi, Ibu Bidan tidak perlu lagi khawatir mengenai pengajuan klaim jasa pelayanan KB. Bisa diajukan klaim melalui BPJS Kesehatan, dan juga melalui BOKB selama prosedurnya sesuai.” Tutup Andi Kameriah.***

Komentar