oleh

Gali Potensi Daerah Melalui Pengembangan Festival Budaya

Plt.Bupati Banggai Kepulauan (Bangkep), Rais D Adam saat membuka kegiatan festival budaya daerah, yang kegiatannya dipusatkan di RTH Trikora Salakan. (F-ist)

BANGKEP, Sultengmembangun.com –
Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Pemerintah Daerah Kabupaten Bangkep menyelenggarakan kegiatan Festival Budaya Daerah yang dibuka oleh Plt. Bupati Bangkep, Rais D Adam.

Kegiatan festival budaya tersebut dipusatkan di RTH Trikora Salakan, Ibu Kota Kabupaten Bangkep.


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bangkep, Kadis kominfo : Ir. Kondrad D. Galala, MM mengatakan kegiatan festival budaya daerah ini diwarnai dengan beragam kegiatan lainnya diantaranya ada kegiatan pameran dan ada pementasan beragam tarian adat dari beberapa kecamatan di Kabupaten Bangkep.

Alpian Tayib SE, salah satu PNS di Kantor Kecamatan Bulagi saat bertugas menjaga stand pameran.(F-didi)

Menurut Kondrad, festival budaya daerah ini merupakan awal yang baik dalam upaya untuk memajukan kebudayaan, dengan ditopang oleh keinginan dan upaya yang datang dari masyarakat untuk memajukan kebudayaan setempat.
Beragam produk kerajinan yang di pamerkan diajang festival budaya daerah.(F-didi)

Karena itu, diharapkan festival budaya daerah ini menjadi ajang bagi masyarakat untuk lebih dapat mengenal dan memahami sejarah serta keragaman budaya yang ada di Kabupaten Banggai Kepulauan.
Pengunjung pameran

” Semoga ajang ini dapat menginspirasi masyarakat untuk mencintai dan menghargai kekayaan akan keanekaragaman budayanya. Minimal masyarakat dapat melakukan pelestarian budaya daerahnya masing-masing,” kata Kondrad.

BACA JUGA  Pemkab & DPRD Bangkep Sepakat Penuhi Tiga Tuntutan Masyarakat Bulagi Bersaudara

Pernyataan yang sama juga dikatakan oleh Camat Bulagi, Normalilin Padang SE.
Diapun berharap agar kedepan, pemerintah daerah Kabupaten Banggai Kepulauan lebih memprioritaskan program pelestarian budaya daerah yang ada di kabupaten Banggai Kepulauan.

Disisi lain, potensi bahari di Kabupaten Banggai Kepulauan ini juga sangat terkenal dengan keindahan lautnya yang eksotis. Tak heran jika banyak turis manca negara yang berkunjung ke daerah ini.Bangkep juga terkenal dengan ubinya yang khas yang diberi nama ubi banggai (Dioscorea).

Ubi Banggai.(F-ist)

” Inilah potensi daerah yang perlu untuk segera dikembangkan sehingga daerah kita ini memiliki nilai tambah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat ,” pungkasnya.(didi)

Komentar

News Feed