oleh

dr.Djani Moula, M.Kes : Kampung KB Memberikan Perubahan Nyata Wujudkan Masyarakat Sehat dan Sejahtera

Uji Petik Join Audit di Kampung KB Kalamalea, Poso

POSO, Sultengmembangun.com
– Tim Join Audit melakukan Uji Petik terhadap Pemanfaatan Dana Alokasi Khusus (DAK) BOKB di Desa Kalamalea, Kelurahan Madale, Kecamatan Poso Kota Utara, kabupaten Poso, Sabtu (07/11/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk melihat sejauh mana pemanfaatan dana tersebut dalam pengelolaan Kampung KB yang telah dicanangkan, apakah sasaran dan tujuan kegiatan sesuai petunjuk teknis yang ada.

Kunjungan Tim Join Audit saat itu didampingi langsung oleh Kepala Dinas PP dan KB Kabupaten Poso, dr.Djani Moula, M.Kes, Tim Pengendali DAK Provinsi& Kabupaten, PKB/PLKB serta dihadiri oleh Ketua Pokja Kampung dan seksi seksinya.

Pada kesempatan itu, dr. Djani mengatakan bahwa peran perangkat desa dan masyarakat untuk membangun desanya sangat besar, bahkan kebutuhan seperti sekretariat Kampung KB sekaligus sebagai rumah dataku dan Perangkat Pengolah data diadakan secara swadaya oleh masyarakat.

Kata dr.Djani, Perubahan yang dapat dilihat setelah desa ini dicanangkan sebagai Kampung KB antara lain adanya Peningkatan pemakaian alat kontrasepsi khususnya MKJP sehingga menurunkan angka kelahiran, berkurangnya tingkat kenakalan remaja, kelompok UPPKS semakin berkembang sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat, Perbaikan jalan desa , Menurunnya tingkat anak putus sekolah serta pelayanan kesehatan yang memadai.

BACA JUGA  Dikhawatirkan Antrian Penerima Program UMKM di Bank BRI, Menambah Jumlah Pasien Covid-19

Pembanguan Kampung KB ini bukan semata tugas dari Dinas PP dan KB tetapi perlu intervensi dari beberapa Dinas terkait lainnya untuk pembangunan desa Kalamalea menjadi desa yang mandiri, sejahtera dan berkembang.(NL)

Komentar

News Feed