Dinkes Sulteng Siapkan 22 Unit Rumah Sakit Pelayanan Pasien Covid 19

0
95

dr.Reny A.Lamadjido, Sp.PK, M.Kes m
PALU, SM.com – Sebanyak 22 unit rumah sakit di Sulteng, disiapkan untuk melayani pasien Covid 19. Rumah Sakit tersebut mencakup RSUD, RS TNI/Polri dan RS Swasta. Meski diketahui bahwa ada 39 rumah sakit yang tersebar di wilayah Sulteng,

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK, M.Kes menyatakan kesiapan semua rumah sakit penanganan pasien covid-19.

Terkait dengan ketersediaan tenaga medis dan fasilitas pendukung, dr. Reni mengatakan jumlah dokter ahli penyakit dalam yang yang siap menangani mencapai 52 orang, dokter ahli paru sebanyak 3 orang dan perawat ada 6.431 orang.

Sedangkan fasilitas berupa tempat tidur isolasi mencapai 348 unit dan ventilator (alat bantu nafas) sebanyak 86 unit.

Khusus untuk APD (Alat Pengaman Diri) dan masker, hasil bantuan Kementerian Kesehatan RI yang telah terdistribusi hingga tahap 3 atau saat ini telah mencapai 8000 APD dan 12.000 masker.

Tahap 1 dan 2 sudah dibagi secara merata ke semua rumah sakit kelas C, sedang untuk tahap 3 dibagi berdasarkan laporan yang diinput (RS) dari Sistem Informasi Rumah Sakit secara online, Jelasnya.

BACA JUGA  Sekda : Kehidupan Kerohanian Umat Paroki Santo Paulus Semakin Harmoni

“Saya mengucapkan terima kasih kepada gubernur, bupati dan walikota se Sulawesi Tengah yang telah menyiapkan rumah sakitnya sebagai tempat pelayanan terhadap pasien-pasien virus corona,” kata dr.Reni.(nila)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here