oleh

Diduga Dana Operasional Satgas Covid 19 Dikorupsi, Camat Liang Masih Bungkam

Satgas covid 19, kecamatan Liang saat menjalankan tugasnya dalam upaya pencegahan penyebaran pandemi covid 19. (F-ist)

Ada Apa Dengan Satgas Covid 19 di Kecamatan Liang, Camat Liang Perintahkan Satgas untuk Diam

BANGKEP, Sultengmembangun.com – Dalam rangka percepatan penanganan pandemi covid 19, pemerintah membentuk Satuan Tugas (Satgas) covid 19 di seluruh daerah di Indonesia hingga ke tingkat kecamatan, desa/kelurahan.

Dalam menjalankan tugasnya, satgas covid 19 diberikan dana operasional untuk menunjang kinerjanya. Dan setiap daerah Kabupaten/ Kota telah mengalokasikan anggaran untuk Satgas covid.

Meski informasinya sudah tersalurkan, namun masih ada satgas covid 19 daerah yang sampai saat ini belum menerima dana operasional tersebut. Yaitu satgas covid di Kecamatan Liang, Kabupaten Banggai Kepulauan.

Dana insentif Satuan Tugas (Satgas) COVID-19, khususnya di Kecamatan Liang yang diberikan untuk empat bulan saja, terhitung sejak September 2020 – Desember 2020, sejauh ini belum ada diterima oleh satgasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, Selasa (3/11/2020), seluruh kecamatan di Kabupaten Banggai Kepulauan sudah menerima dana operasional tersebut. Terkecuali satgas covid 19 di Kecamatan Liang.

Menurut sumber yang enggan disebutkan namanya, mengatakan bahwa dana operasional satgas covid untuk Kecamatan Liang, Bangkep, sudah diterima oleh Camat Liang. Namun belum diberikan kepada Satgas covid 19. Entah alasan apa, itu yang belum diketahui.

BACA JUGA  Jeritan Masyarakat Bulagi Bersaudara Menyambut HUT Ke-20 tahun, Kabupaten Banggai Kepulauan

Ketika hal tersebut di konfirmasi ke Camat Liang, Umara Pundeng Ali S.Pd, SH, MH, melalui nomor 0821 9011 XXXX, sampai saat ini belum ada jawaban.

Dan parahnya lagi, keberadaan Satgas covid 19 di Kecamatan Liang sampai hari ini belum dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik sesuai aturan yang berlaku. Karena ada perintah dari Camat untuk menghentikan kegiatan yang menjadi tugas dan kewenangan Satgas covid 19 di Kecamatan Liang, Bangkep dalam penanganan pandemi covid 19 ini.

Sebagaimana dituturkan oleh salah seorang oknum satgas covid 19 di Kecamatan Liang.

” Pasca kami melaksanakan kegiatan di hari pertama, Pak Camat menelpon saya dan minta untuk segera dihentikan seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Satgas Covid 19 . Sebelum dia perintahkan, jangan ada yang berani melakukan kegiatan operasional penanganan covid 19. Sehingga sampai hari inipun, kami diam tapi kami selaku Satgas covid 19 yang terdiri dari lima satuan yakni 1 orang dari TNI, 1 orang dari Polri, 1 petugas Kesehatan, 1 orang dari Satuan Pol PP dan 1 orang dari Kecamatan, tetap siaga di posko covid 19. Kapan dibutuhkan kami selalu ada. Hanya untuk melakukan kegiatan terkait penanganan covid 19, itu yang tidak ada karena dilarang oleh camat,” ungkap sumber yang tetap minta untuk tidak disebutkan namanya.

Sementara Pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan yang terarah untuk penanganan COVID-19, salah satunya dengan menyiagakan pemerintahan tingkat desa untuk menjadi benteng pencegahan penularan COVID-19 yang mandiri.

BACA JUGA  Gubernur : Cegah Stunting Melalui Perubahan Perilaku

Dalam ketentuan Pasal 11 ayat (1) disebutkan Gubernur dan Bupati/Walikota membentuk gugus tugas percepatan penanganan covid-19 daerah, dan ayat (2) dinyatakan bahwa penanganan COVID-19 di daerah dilakukan dengan memperhatikan arahan ketua pelaksana gugus tugas percepatan penanganan covid-19.

Namun terkait dengan apa yang diperintahkan oleh Camat Liang, tentunya sangat bertentangan dengan upaya pemerintah dalam penanggulangan penyebaran covid 19. (NL)

.;m

Komentar

News Feed