Diduga Salah Perencanaan, Mega “Proyek Abadi”Ruas Jalur Kebun Kopi Berpotensi Korupsi

0
154

Tampak pemasangan bronjong kawat yang berlapiskan kain jala hijau, hancur dan sobek-sobek dihantam longsoran tanah bebatuan diarea lereng kebun kopi. Itu merupakan salah satu bukti, salahnya perencanaan sehingga APBN maupun APBD nyaris tiap tahun harus mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk perbaikan dan pembangunan ruas jalan kebun kopi.(F-Dok.NL)
PARIGI MOUTONG, Sultengmembangun.com – Kondisi jalan di sepanjang jalur Kebun Kopi, Semakin parah. Karena dibeberapa titik, terdapat longsoran sehingga pengendara diharapkan harus hati-hati ketika melintas di jalur kebun kopi.

Sementara diketahui bahwa ruas jalur jalan kebun kopi ini merupakan satu-satunya jalan yang singkat menghubungkan Tawaeli, Kota Palu dengan Toboli Kabupaten Parigi Moutong. Meskipun diketahui ada jalur alternatip lainnya namun jarak tempuhnya lumayan jauh

Pantauan media ini, Minggu (19/7/2020), terlihat ada beberapa longsoran di sejumlah titik. Dan parahnya lagi, longsoran itu juga ditemukan di sejumlah titik yang menjadi ” proyek abadi ” yang menggelontorkan anggaran milyaran rupiah.

Proyek jalan dengan menggunakan dana APBN ini melalui Balai Jalan Nasional ā€ˇwilayah 1, menjadi sorotan publik.Kenapa tidak, proyek jalan yang menelan anggaran cukup besar ini, diduga salah dalam perencanaan. Proyek yang tidak memikirkan
potensi tantangan terhadap kondisi alam yang ada di area lereng kebun kopi. Makanya dikatakan proyek abadi, karena setiap tahun selalu ada dilakukan pengerjaan peningkatan jalan yang tak kunjung ada habisnya.

Terlihat di beberapa titik pengerjaan peningkatan jalan berupa pemasangan bronjong penahan dari kawat besi berkeranjang dan kain hijau berjala, semuanya pada hancur dan sobek-sobek dihantam longsoran tanah dari bagian atas pebukitan. Apakah proyek ini masih dilanjutkan dengan model perencanaan yang sama ? Bila demikian adanya, maka jelas ini sebuah proyek yang maha korupsi.

BACA JUGA  Kendala Teknis di TPS Aakibatkan Warga Kehilangan Hak Pilih

Sudah sepantasnya ” proyek abadi ” ruas jalur kebun kopi ini menjadi perhatian aparat penegak hukum. Sebab ada peluang korupsi yang cukup besar dibalik mega proyek abadi ini. (*NL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here