Diamanahkan Jadi Ketua APPSI, Gubernur Sulteng Suarakan Kenaikan Gaji Kepala Daerah

0
198
Drs.H.Longki Djanggola, MSi

PALU, Sultengmembangun.com – Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola selaku Ketua umum mewakili para gubernur di Indonesia curhat kondisi gaji gubernur yang jauh lebih kecil dari gaji anggota DPRD.

Itu salah satu rekomendasi Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh indonesia (APPSI). Rekomendasi perlunya pemberian gaji kepala daerah sesuai dengan beban tugasnya.

“Beberapa waktu lalu kami juga menyampaikan rekomendasi tentang perlunya pemberian gaji kepada Kepala Daerah, khususnya Gubernur yang sesuai dengan beban tugas dan tanggung jawabnya yang sangat besar, baik dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan maupun dalam mengelola anggaran di daerah,” ungkap Longki.

Diakuinya sebagai Gubernur dari provinsi yang PAD dan APBD tidak terlalu besar namun gaji anggota DPRD di beberapa daerah saat ini lebih besar dari kepala daerah plus biaya transportasi, perumahan serta biaya lain.

“Jujur saja saya dari Provinsi dengan PAD dan APBD yang tidak terlalu besar tetapi gaji anggota DPRD sekarang di beberapa daerah lebih tinggi dari gaji kepala daerah masih ditambah dengan biaya transportasi, perumahan dan lain-lain. Terus kami kapan?” Kata Longki.

BACA JUGA  Data Pusdatina Covid 19 Sulteng, di Kota Palu Bertambah 1 Lagi Pasien PDP Positif Virus Corona

Itulah mengapa kata Gubernur Sulteng APPSI menyuarakan hal tersebut karena menurut Longki kerja kepala daerah baik Gubernur maupun Bupati-Walikota tidaklah gampang.

“Jangan kita menganggap kalau Gubernur, Bupati dan Walikota itu gampang, akhirnya sekarang kita lihat banyak Kepala Daerah yang OTT, sekarang tanpa ada bukti uang pun kita bisa OTT. Ini kami suarakan supaya Pemerintah Pusat juga tahu gaji kami kecil, ada memang tambahan biaya operasional tapi semua itu harus ada kuitansi, harus ada pertanggungjawaban dan sebagainya, salah-salah kita mendisposisi penggunaannya kita bisa masuk penjara,” tandas Longki, Ketua umum APPSI.(hms prov)

REDAKTUR : NILA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here