oleh

Aksi Sosial Cegah Penularan Covid 19, UPTD LLK UKM Nakertrans Donggala Bagikan 3 Ribu Lembar Masker Gratis

Penyerahan Masker Gratis produksi LLK UKM Donggala oleh Bupati Drs. Kasman Lassa, SH. MH di Huntara Desa Limboro Kecamatan Banawa Tengah.(F-ist)

DONGGALA, SM.com – Dalam peran sertanya mengantisipasi penularan Virus Corona, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Donggala melalui UPT Dinas LLK UKM Kabupaten Donggala melakukan pembagian masker secara gratis kepada masyarakat dengan harapan agar masker tersebut dapat digunakan sebagai salah satu Alat Pelindung Diri (APD) dalam memutuskan mata rantai penyebaran covid 19.
Serah terima masker gratis Kadis Nakertrans Donggala, kepada Kepala LLK UKM Donggala untuk disalurkan ke masyarakat.(F-nila)

Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Donggala, Drs.Moh Ilham Yunis MSi mengatakan bahwa program pembagian masker ini sebagai tindak lanjut dari arahan pemerintah pusat untuk pencegahan penularan covid 19 yang akhir-akhir ini terus mewabah. Salah satunya dengan melakukan aksi sosial pembagian masker gratis kepada masyarakat.

Tentunya dengan masker gratis ini, diharapkan dapat membantu masyarakat minimal dalam menjaga diri dengan memakai masker dapat terlindung dari penularan virus corona.

” Sesuai anjuran pemerintah untuk tetap memakai masker keluar dari rumah, minimal dapat melindungi diri dari penularan virus corona,” ujar Moh.Ilham.

Kepala BLK Makassar, Fitroh didampingi Kepala LLK UKM Donggala, Nur Cinnong SE.(F-ist)

Secara terpisah, Kepala UPTD LLK UKM Kabupaten Donggala Nur Cinnong Thamrin.SE menambahkan pembagian masker gratis ini merupakan upaya nyata yang dilakukan oleh pihak Nakertrans Donggala dalam peran sertanya memutuskan mata rantai penebaran covid 19.
Dra. Hj. Fauziyah, M.Si Menteri Tenaga Kerja RI, mengarahkan seluruh BLK se Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembuatan masker, sebagai salah satu APD untuk menghindarkan diri dari bahaya penularan virus corona.(F-ist)

Program pembuatan masker gratis ini menggunakan dana APBN yang dikucurkan untuk UPTD LLK UKM Kabupaten Donggala melalui program aksi sosial pembagian masker gratis. Dan masker ini diproduksi oleh peserta didik jurusan menjahit dari LLK UKM Donggala. Dan program ini dilakukan secara bertahap dengan total masker yang dibuat sebanyak 3.000 lembar.

BACA JUGA  Peran Kejati Sulteng dalam Mengawal Penggunaan Anggaran Penanggulangan Bencana Covid 19
Bagi-bagi masler gratis kepada pasien di RS Kabelota Donggala.(F-nila)

Nur Cinnong Thamrin, SE menjelaskan, bahwa bantuan 3.000 lembar Masker tersebut adalah aksi Sosial oleh UPTD LLK-UKM Kabupaten Donggala atas arahan Ibu Menteri Dra. Hj. Fauziyah, M.Si selaku Menteri Tenaga Kerja RI melalui BLK Makassar oleh Bapak Dr. Fitroh Handrahmawan, S.E, M.Pd dalam mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19 di Kabupaten Donggala.

Kadis Nakertrans Kabupaten Donggala Drs. Ilham Yunus, M.Si juga mendorong kegiatan tersebut, dan pengerjaannya diproduksi oleh Peserta Pelatihan Jurusan Menjahit dari Alumni Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) sebanyak lima (5) orang dan Alumni Mobile Training Unit (MTU) sebanyak lima (5) orang dan didukung oleh Instruktur Ibu Dinar, S.Ag dan Ibu Hajar.

Pemerintah Kabupaten Donggala khususnya Bapak Bupati Drs. Kasman Lassa, SH. MH bersama Ibu Bupati Hj. Indotang, S.Sos mengapresiasi hal tersebut dan sangat berterima kasih serta atas langkah yang diambil oleh UPTD LLK-UKM Kabupaten Donggala yang sangat membantu Pemerintah dalam mencegah penyebaran Virus Covid-19.

Untuk tahap pertama, sudah disalurkan ke masyarakat Kabupaten Donggala sebanyak
1.000 lembar. Dan tahap kedua sebanyak
1.500 lembar dan sudah dibagikan langsung ke sejumlah-kantor OPD Kabupaten Donggala dan sebagiannya lagi dibagikan ke posko yang ada di wilayah perbatasan Kabupaten Donggala dengan wilayah Provinsi Sulbar. Sementara untuk penyaluran tahap ketiga sebanyak 500 lembar yang sementara masih dalam proses.

Penyerahan masker kepada camat Banawa Selatan untuk dibagikan ke masyarakat di sejumlah desa yang ada di wilayah perbatasan Kab.Donggala.(F-nila)

Pada pembagian masker gratis di daerah perbatasan Sulteng-Sulbar, diserahkan langsung oleh Kepala UPTD LLK UKM Donggala kepada Camat Banawa Selatan, untuk kemudian disalurkan ke desa-desa yang ada di wilayah Kecamatan Banawa Selatan.

BACA JUGA  Program KB Paling Efektif dalam Menekan Laju Pertumbuhan Penduduk

Camat Banawa Selatan, H.Hasan .SPd.MAp mengatakan sangat mendukung aksi sosial yang dilakukan oleh UPTD LLK UKM Kabupaten Donggala dalam pembuatan masker gratis produksi peserta didik LLK UKM Donggala.

” Kiranya program ini bisa berkelanjutan karena sangat menolong masyarakat kami dalam melindungi diri dari bahaya Covid 19,” ujar H.Hasan.

Untuk tahap selanjutnya, kata Nur Cinnong, sisa masker yang ada akan dibagikan langsung ke Sejumlah Huntara (Hunian Sementara) atau tempat pemukiman sementara masyarakat korban bencana.

Penyerahan masker gratis yang dilakukan secara simbolis diberikan kepada Masyarakat korban bencana di Huntara Loli Saluran yang diterima langsung oleh Ayub, Kades Loli Saluran, Kecamatan Banawa Induk Kabupaten Donggala

Apresiasi juga disampaikan oleh Ayub L.Tanara, kades Loli Saluran.kecamatan Banawa Induk, Kab.Donggala.

Warga huntara Loli Saluran, penerima bantuan masker grstis.

“Kami sangat berterimakasih karena sudah dibantu diberikan masker gratis kepada masyarakat kami. Dimana selama ini masyarakat bertanya-tanya bagaimana dan dimana bisa mendapatkan masker gratis dari pemerintah. Dan Alhamdulillah, kami dibantu dan sekarang masker itu dibagikan langsung kepada masyarakat kami yang ada di Huntara Loli Saluran,” kata Ayub.
(Nila)

Komentar

News Feed