oleh

BPS Sulteng Mereles Hasil SP2020 Secara Virtual dengan Mematuhi Prokes

Gubernur Longki Djanggola bersama Kepala BPS Sulteng, Dumangar Hutauruk saat menyaksikan release hasil SP2020. (F-ist)

PALU, SM. Com – Setelah melalui perjalanan panjang pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) yang dilaksanakan tahun lalu, akhirnya direles datanya, pada Kamis sore (21/01/2021), bertempat di ruang video conference Kantor Gubernur Sulteng

Kepala BPS Sulteng, Dumangar Hutauruk didampingi oleh Kepala Dinas Dukcapil Sulteng Abdul Haris dan Asisten 1 Pemerintah Provinsi Sulteng, Faizal Mang secara bersama melaksanakan rilis hasil SP2020 untuk wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sulteng Longki Djanggola juga hadir meskipun hanya sebentar karena ada kepentingan mendesak sehingga beliau tidak bisa mengikuti rilis hingga selesai.

Pelaksanaan press release data Sensus Penduduk oleh BPS Sulteng, dilakukan sesuai anjuran Prokes Covid-19. Dilakukan secara virtual, pakai masker dan tetap jaga jarak.

Namun sebelumnya itu, semua yang hadir dipersyaratkan untuk tetap memakai masker meskipun pesertanya dibatasi mengingat kapasitas ruangan juga kecil sehingga peserta yang lainnya bisa menyaksikan melalui youtube terkait hasil SP2020 untuk Provinsi Sulawesi Tengah dan juga SP2020 nasional.

BACA JUGA  Wagub Harapkan Organisasi Panahan di Sulteng Bisa Ciptakan Altet Terbaik

” Kegiatan apapun yang kita laksanakan, kapan dan dimana saja, kita harus mematuhi anjuran pemerintah dengan menjalankan protokol kesehatan. Semua ini kita lakukan untuk keselamatan bersama,” tandas Hubrrnur Longki.

Hasil SP2020 menunjukkan terdapat 2.985.734 jiwa penduduk Sulawesi Tengah. Dari hampir 3 juta jiwa penduduk tersebut, 51,40 persen merupakan penduduk laki-laki, sementara sisanya 48,60 persen merupakan penduduk perempuan. Sehingga didapatkan rasio jenis kelamin penduduk Sulteng sebesar 105 yang artinya setiap 105 penduduk laki-laki terdapat 100 penduduk perempuan dalam suatu wilayah.

Hasil SP2020 ini juga menunjukkan ternyata terjadi pertumbuhan penduduk sebesar 1,22 persen. Jika di-breakdown pertumbuhannya dari awal Sensus Penduduk dilakukan, penduduk di Provinsi Sulawesi Tengah juga meningkat dari tahun ke tahun.

Jika dibagi berdasarkan wilayah Kabupaten/Kota, Dari sebesar lebih 61 ribu kilometer persegi wilayah daratan Sulteng, kepadatan penduduk di provinsi ini mencapai 48,69 jiwa per kilometer persegi. Kabupaten Parigi Moutong memiliki jumlah penduduk terbanyak se Sulawesi Tengah yakni sebanyak 440 ribu jiwa, diikuti oleh Kota Palu dan Banggai. Sementara itu Kabupaten Banggai Laut memiliki jumlah penduduk terendah yakni sekitar 70 ribu jiwa.

BACA JUGA  Sebanyak 60 Pelaku Usaha Ikut Pelatihan Pengembangan Ekraf

Setelah ini, Sensus Penduduk masih akan berlanjut dengan pendataan Long Form pada September 2021. Diharapkan seluruh penduduk dapat aktif berpartisipasi dalam menyukseskan program Pemerintah 10 tahun sekali. (*/nina)

Komentar

News Feed