BKKBN Sulteng, Tingkatkan Wawasan Provider KB Pria Vasektomi

0
446

Plt.Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Tenny C.Soriton

PALU, Sultengmembangun.com – Masalah kependudukan harus menjadi prioritas bagi pemerintah baik ditingkat pusat maupun ditingkat daerah. Karena keberhasilan pembangunan juga sangat ditentukan oleh keberhasilan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Plt.Kepala BKKBN Sulteng, Tenny C.Soriton, saat membuka kegiatan penguatan komitmen provider pasca pelatihan KB Pria Vasektomi, bertempat di Hotel Jazz Palu, mengatakan Keberhasilan program KKBPK ini juga membutuhkan sinergisitas dari tingkat pusat sampai ke tingkat daerah dan memperluas jejaring dengan para mitra termasuk dengan provider KB.

Sejalan dengan tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan keterampilan provider KB Pria dalam melaksanakan tugasnya di lapangan, meningkatkan kualitas dan pengetahuan bagi para provider KB Pria, Meningkatkan skill provider terhadap pelayanan KB Pria, Meningkatkan promosi kesertaan pria ber KB serta meningkatkan peserta KB Pria di Sulawesi Tengah.

Untuk peningkatan kepesertaan KB Pria diperlukan komitmen bagi para provider yang ada di Kabupaten/Kota.

“Salah satu strateginya dengan melakukan penguatan komitmen provider oleh persatuan kontrasepsi mantap indonesia (PKMI) Provinsi melalui pendampingan. Karena itu diharapkan setiap Kabupaten/Kota memiliki tenaga provider yang dapat melakukan pelayanan KB Pria Vasektomi,” ujar Tenny.

BACA JUGA  FKUB Sulteng Perkuat Konsolidasi dalam Peningkatan Kualitas Kerukunan Antar Umat Beragama

Pelayanan KB berkualitas adalah hak semua Pasangan Usia Subur (PUS). Karena itu, akses pelayanan harus terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat terutama yang bermukim di Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK), Miskin Perkotaan dan sasaran khusus (KB Pria).
Sehingga diharapkan setiap rumah sakit di Kabupaten/Kota memiliki 1 orang dokter yang melayani MOP Vasektomi.

Hadir sebagai pemateri pada kegiatan ini dr.Alfreth Langitan Sp.B sebagai teknik terkini vasektomi dan rekanalisasi, dr. Aristo.Sp.U selaku Pembimbingan teknik pelayanan MOP Vasektomi, Kepala BPJS-Kesehatan Sulteng dan Plt.Kepala BKKBN Sulteng.

Sementara para peserta adalah perwakilan dari seluruh rumah sakit yang ada di Sulteng yang merupakan provider KB Pria Vasektomi. ( nila)
REDAKTUR : NILAWATI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here