BKKBN Sulteng Berkolaborasi dengan Kanwil Kemenag Terkait Program PUP

0
653

PALU, Sultengmembangun.com – Dalam waktu dekat ini, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tengah akan mengadakan kerjasama dengan pihak Kanwil Kementrian Agama Sulteng terkait program Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP).

Ruwayah, SE, Kabid Keluarga Sejahtera (KS) dan Pemberdayaan Keluarga (PK) BKKBN Sulteng yang dalam hal ini diwakili Latifah A.Djibran, SE,MM, selaku Kepala Sub Bidang (Kasubbid) Bina Keluarga Remaja (BKR), di BKKBN Sulteng mengatakan kerjasama terkait program PUP ini akan segera ditindaklanjuti. Mengingat hal ini sangat penting sebagai upaya untuk meningkatkan usia pada perkawinan.

“Tahun ini kami akan berkolaborasi dengan pihak kemenag Sulteng dalam program PUP dan pencegahan usia pernikahan anak. Draft MoU nya sudah disiapkan,” kata Latifah.

PUP bukan sekedar menunda sampai usia tertentu saja tetapi mengusahakan agar kehamilan pertamapun terjadi pada usia yang cukup dewasa, jelasnya.

Tujuan program pendewasaan usia perkawinan ini, kata Latifah, adalah
memberikan pengertian dan kesadaran kepada remaja agar didalam merencanakan keluarga, mereka dapat mempertimbangkan berbagai aspek berkaitan dengan kehidupan berkeluarga, kesiapan fisik, mental, emosional, pendidikan, sosial, ekonomi serta menentukan jumlah dan jarak kelahiran.

BACA JUGA  Generasi Sehat dan Cerdas Tanpa Narkoba

Perkawinan bukanlah hal yang mudah. Karena di dalamnya terdapat banyak konsekuensi yang harus dihadapi sebagai suatu bentuk tahap kehidupan baru individu dewasa dan pergantian status dari lajang menjadi seorang istri yang menuntut adanya penyesuaian diri terus-menerus sepanjang perkawinan

“Karena itu, melalui kerjasama ini diharap dapat menekan angka usia pernikahan dini atau pernikahan anak yang diketahui bahwa di Sulawesi Tengah ini masih cukup tinggi,” kuncinya. (nila)

REDAKTUR : NILAWATI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here