oleh

Bhakti Sosial, Duta GenRe 2020 Sosialisasikan Bahaya Seks Bebas

Kunjungan ke LKSA, Duta GenRe 2020 Berbagi Sedekah di Bulan Ramadhan. (F-ist)

SULTENGMEMBANGUN.COM, PALU – Forum Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar kegiatan sesi Edukasi Ramadhan Berkah (Sedekah) di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al Ikhlas yang beralamat di Jl Munif Rahman No. 10, Kelurahan Kabonena, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Kamis (29/4/2020).

Kegiatan yang dimotori Duta GenRe Angkatan 2020 ini dikemas dalam bentuk buka puasa bersama sekaligus melakukan edukasi serta memberikan informasi tentang kesehatan reproduksi remaja yang baik, menghindari pernikahan usia dini maupun terkait seks bebas serta bagaimana merencanakan hal-hal yang baik untuk kedepan.

Ketua Panitia Sedekah, Latita Shekina Glory Pode, mengatakan acara ini dikemas dalam kegiatan buka puasa bersama anak-anak LKSA Al Ikhlas.

Dia mengatakan bahwa sebelum acara buka puasa dimulai, panitia melakukan praktik modul Tentang Kita, yang sebelumnya sudah dipraktekkan pada pelatihan Tentang Kita secara nasional oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan GenRe Indonesia secara daring.

BACA JUGA  Sepenggal Kisah Perjalanan Tim BKKBN Menuju Desa Kesetnana, Kecamatan Mollo Selatan, Soe, Provinsi NTT

Praktik modul Tentang Kita disajikan dengan gaya bahasa yang sederhana dan mudah diterima oleh remaja. Modul ini berisikan rasa empati dan sharing tentang masa kehidupan remaja dalam kehidupan sehari-hari sehingga pelibatannya lebih bermakna.

“Acara diikuti kurang lebih oleh 30 anak LKSA Al-Ikhlas, dan mereka sangat antusias mengikutinya,” ujar Juara Kategori Persahabatan Duta GenRe 2020.

Pada saat kegiatan, anak-anak LKSA Al Ikhlas dibagi menjadi 2 (dua) kelompok. Mereka membaur bersama Duta GenRe 2020.

“Kami menyelipkan games atau kuis-kuis menarik seputar pengetahuan umum Islam dan Ramadhan. Bagi yang beruntung mendapatkan souvenir atau hadiah menarik dan diakhir kegiatan ada pemberian sedekah, bagi teman-teman LKSA Al-Ikhlas,” tambahnya.

Latita berharap bahwa kegiatan Sedekah bukan cuma kali ini, tapi akan dilaksanakan secara berkesinambungan.

Semoga kegiatan ini memberikan banyak manfaat serta ruang nantinya bagi teman-teman LKSA Al-Ikhlas untuk berkarya. Bukan hanya kegiatan bukber (buka puasa bersama) tapi dilain waktu dan kesempatan bisa diajak kolaborasi dan berkesinambungan menyebarkan informasi dan edukasi program GenRe untuk kedepannya”, tambahnya.(NL)

BACA JUGA  Sebanyak 75 Pejabat Fungsional di Universitas Tadulako Dilantik dengan Penerapan Protokol Covid -19

Komentar