Beraksi di 72 TKP, Dua Mantan Residivis Berhasil Ditangkap Tim SubBDIT III Jatanras Ditreskrimum

0
254

AKBP Didik Supranoto dihadapan para insan persen Paparkan kasus curanmor yang selama ini beroperasi di wilayah Palu dam Sigi. (F-nila)

PALU, Sultengmembangun.com – Keresahan masyarakat sedikit terobati setelah dua orang residivis pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) yang selama ini beraksi di wilayah Palu dan Sigi. Kini keduanya mendekam dibalik jeruji besi menikmati hasil dari perbuatannya.

Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP. Didik Supranoto, saat menggelar press confrence, Senin (1/4/2019), di loby utama kantor Mapolda Sulteng, mengatakan kalau kedua pelaku adalah mantan residivis juga. Dan selama ini kedua pelaku telah melakukan aksinya di 72 TKP yang tersebar di dua wilayah yakni di Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

Berdasarkan Laporan Polisi Nomor :LP/97/III/2019/SPKT, tanggal 22 Maret 2019 Kanit Resmob Subdit III Jatanras Polda Sulteng IPTU Velly bersama Tim menangkap 2 (Dua) orang laki-Laki yaitu FB alias RY,Usia 21 Tahun, Pekerjaan Swasta, Alamat Jl.Tombolotutu Lorong Pakora II Kelurahan Valangguni Kecamatan Mantikolore Kota Palu dan FM alias F alias,Usia 17 Tahun, pekerjaan Swasta, Alamat Jl.Tombolotutu Lorong Jabalrahma Kecamatan Mantikolore Kota Palu.

BACA JUGA  Tindaklanjuti Surat Mendagri, Proses Pemeriksaan Anggota DPRD Sulteng, Yahdi Basma dari Terlapor Bakal Jadi Tersangka

“Saat ini kasusnya masih dalam proses pengembangan, untuk mencari tahu dimana dan siapa semua orang-orang yang masuk dalam gembong curanmor tersebut. Karena dari keterangan kedua tersangka, bahwa masih ada empat orang lagi rekannya yang berkeliaran dan masih melakukan aksi yang sama, mencuri sepeda motor orang baik yang sementara terparkir dalam keadaan terkunci aman, apalagi dalam posisi ada kuncinya. Sebab terkadang sipemilik kendaraan lupa mencabut kunci kontaknya, ” kata Didik.

Dalam kronologis kejadiannya, terungkap bahwa kedua tersangka FB dan FM diduga melakukan tindak pidana pencurian 1 (satu) unit sepeda motor Yamaha Fino dengan Nomor Polisi DN 2609 IO, milik Sdr.Ario Usia 29 Tahun,pekerjaan Swasta Alamat Masomba Palu. Sementara TKP nya di Jalan Kosgoro Kecamatan Palu Selatan Kota Palu pada hari Selasa, tanggal 5 Februari 2019 sekitar pukul 02.00 Wita (Dini hari).

Tidak hanya itu, dari hasil pemeriksaan dan pengembangan, tersangka FB dan FM mengakui bersama komplotannya sebanyak 5 (Lima) orang yaitu Lk.FB, Lk FM, Lk.Fer,Lk. Ga dan Lk.Ical telah melakukan tindak pidana Curanmor dengan menggunakan kunci T dan atau membawa kabur motor korban yang meninggalkan kontak kunci di sepeda motornya.

BACA JUGA  Kesbangpol Kota Turunkan Tim Penilai Kinerja Satgas K5

Tersangka FB alias RY yang merupakan mantan Resedivis pada kasus yang sama pada tahun 2016 ini, kembali mengulangi perbuatannya (Curanmor) di berbagai tempat di Kota Palu dan Sigi sejak bulan September 2018 s.d.Maret 2019.

Dalam kurun waktu 6 (enam) bulan tersebut, tersangka telah sebanyak 72 kali melakukan Curanmor di 72 TKP yang berbeda di Wilayah Kota Palu dan Sigi, 46 TKP (Curanmor) diantaranya, tersangka FB alias RY ini berperan sebagai Pelaku utama/pemetik dan sebanyak 26 di TKP lainnya berperan membantu keempat tersangka lainnya

Tersangka FB alias RY ditangkap oleh Tim Resmob Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sulteng pada tanggal 23 Maret 2019 di Desa Moutong Tengah Kecamatan Moutong Kabupaten Parimo. Yang bersangkutan dijerat dengan pasal 363 KUHPidana Sub Pasal 362 KUHPidana dengan ancaman hukuman 6 (enam) tahun Penjara.

Sedangkan Tersangka FM alias F ditangkap pada tanggal 28 Maret 2019 pukul 05.00 Wita bertempat di terminal Mamboro Kec.Palu Utara

Berikut 9 (Sembilan) barang bukti yang berhasil diamankan antara lain:
1 (satu) unit Suzuki Satria F 150
1 (satu) unit Honda Supra
1 (satu) unit Yamaha Fiz R
3 (tiga) unit Yamaha Jupiter
1 (satu) unit Yamaha M3
1 (satu) unit Yamaha Mio Sporty
1 (satu) unit Yamaha Mio Beat Pop

BACA JUGA  Ketagihan Nyabu, Dua Anak Dibawah Umur Terpaksa Jadi Maling Dap Air

Penyidik Subdit III Jatanras Polda Sulteng terus bekerja keras mengungkap dan memburu pelaku lain komplotan tersangka FB alias RY ini, berikut barang bukti/Sepeda Motor hasil kejahatan mereka.(NP)
REDAKTUR : NILA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here