oleh

Banggai Dicanangkan Jadi Kabupaten Nabung Saham

Bupati Banggai, H. Herwin Yatim bersama rombongan hadir di kantor BEI di Jakarta. (F-ist)

BANGGAI, Sultengmembangun. com –
Bupati Kabupaten Banggai, H. Herwin Yatim berkesempatan hadir di kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta dalam rangka pencanangan Kabupaten Banggai sebagai Kabupaten Nabung Saham dirangkaikan dengan penandatanganan Piagam Kerjasama antara Pemkab Banggai, BEI dan Phintraco Sekuritas. Kegiatan berlangsung Rabu (24/4/2019).

Melalui reles yang disampaikan pihak BEI kepada sejumlah media di Sulteng, menyebutkan bahwa pada kesempatan itu juga dilakukan sosialisasi berupa Literasi dan edukasi tentang pasar modal. Karena diharapkan peran Bupati Banggai dapat menindaklanjut program ini terutama kepada para ASN di Kabupaten Banggai.

Namun sebagai langkah awal dari BEI, dalam rangka mendukung program Kabupaten Banggai sebagai Kabupaten Nabung Saham, pihak BEI akan melakukan sosialisasi dan edukasi ke ASN khususnya kepada para Kepala Desa dan masyarakat Kabupaten Banggai untuk mewujudkan Banggai sebagai kabupaten nabung saham.

Diharapkan dengan kemudahan akses investasi perlu dilakukan hingga ke tingkat desa sehingga dapat memperkecil kesenjangan antar daerah dan bertujuan mensejahterakan masyarakat serta menjadikan masyarakat menjadi cerdas.

BACA JUGA  Gubernur dan Tim Satgas Rehab Rekon Memantau Progress Pembangunan Huntap Buddha Tzu Chi

Disisi lain juga dengan pengalaman seperti ini setidaknya dapat menghindarkan masyarakat dari adanya penawaran Investasi bodong yang marak terjadi akibat minimnya pengetahuan masyarakat akan produk Investasi yang legal.

Diketahui bahwa Kabupaten Banggai mempunyai luas wilayah 9.672 kilometer persegi dan populasi penduduk 365.616 jiwa, serta memiliki potensi ekonomi yang sangat tinggi mulai dari pertanian, perikanan dan kelautan, peternakan, pertambangan dan Sektor Pariwisata.

Jika dilihat dari potensi kabupaten Banggai dan berdasarkan data KSEI jumlah investor pasar modal / SID kabupaten Banggai saat ini sebanyak 291 SID. Angka ini menempati urutan tertinggi kedua setelah Kota Palu sebanyak 1.101 SID.

Maka sangatlah wajar jika Kabupaten Banggai dicanangkan sebagai Kabupaten Nabung Saham oleh Pemkab Banggai, dengan harapan Kabupaten Banggai akan mejadi pusat pertumbuhan Investor di Sulawesi Tengah serta menjadikan Instrumen Investasi (Saham) sebagai tolls demokratisasi ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat Banggai.(kiki)

REDAKTUR : NILA

Komentar

News Feed