oleh

Bahaya Mabuk Ngelem yang Bisa Bikin Anda Koma

Oleh Novita Joseph

Kasus mabuk karena kecanduan ngelem yang banyak dilakukan anak jalanan pada umumnya punya efek yang sangat berbahaya. Apa saja efeknya?

Apa, sih, ngelem itu?
Ngelem adalah sebuah cara yang dilakukan dengan menghirup aroma lem untuk mendapatkan sensasi mabuk. Aktivitas mabuk lem ini umumnya digunakan remaja atau anak-anak sebagai alternatif agar mabuk kepayang, namun dalam harga yang lebih murah dibanding harus beli obat terlarang atau bahkan ganja.

Apa saja bahaya ngelem?
Mabuk lem umumnya berbahaya, namun tidak fatal. Meski begitu kemungkinan risiko kerusakan otak dan masalah pernapasan yang parah bisa terjadi. Berikut ini beberapa risiko dan bahaya menghirup lem:

1. Gagal pernapasan akut
Gagal pernapasan akut adalah kondisi yang kemungkinan bisa fatal akibatnya akibat ngelem. Ini adalah kondisi yang terjadi ketika zat yang dihirup dalam lem merusak kemampuan Anda untuk bernapas. Menghirup lem berbahan kimia secara langsung pada umumnya juga dapat memengaruhi paru-paru Anda. Ini mencegah jumlah oksigen yang cukup untuk menjangkau seluruh tubuh. Dalam kasus yang serius, kegagalan pernapasan kronis akibat mabuk lem dapat menyebabkan koma.

BACA JUGA  OJK Peduli, Sumbangkan 120 unit Huntara untuk Korban Bencana

2. Kerusakan otak
Menghirup lem yang umumnya mengandung zat toluena dan naftalena dapat merusak selubung mielin. Mielin adalah lapisan tipis di sekitar serabut saraf otak dan sistem saraf Anda. Kerusakan ini dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada fungsi otak, serta juga dapat menyebabkan masalah neurologis yang mirip dengan yang terlihat dengan multiple sclerosis.

3. Aritmia
Kandungan bahan kimia dalam lem apabila dihirup kuat-kuat dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur atau aritmia. Dalam beberapa kasus, ritme abnormal dapat menyebabkan gagal jantung yang fatal. Hal ini juga dikenal sebagai sudden sniffing death syndrome (SSDS), yaitu sindroma kematian mendadak setelah menghirup lem. Ini bisa terjadi bahkan pada kali pertama seseorang mulai ngelem.

Komentar

News Feed