oleh

Aplikasi Elsimil Mudahkan Pendataan dan Pemantauan Ibu Hamil dan Pasca Persalinan

Program Aplikasi Elsimil BKKBN terus digalakkan hingga ke pelosok desa di Sulteng. (dok. Ist)

SULTENGMEMBANGUN. COM, Buol – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tengah bekerjasama Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan, dan Anak (Dinas P2KBP3A) Kabupaten Buol menggelar pertemuan penguatan pencatatan dan pelaporan pendampingan ibu hamil serta ibu pasca persalinan di tingkat kabupaten. Acara ini berlangsung di Aula kantor Puskesmas Boilan, Kecamatan Tiloan, Kabupaten Buol, pada Selasa (23/04/2024).

Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil atau disingkat Elsimil merupakan aplikasi skrining pendampingan untuk calon pengantin (catin), calon pasangan usia subur (CaPUS), ibu hamil, ibu pasca persalinan, dan keluarga yang memiliki bayi usia 0-59 bulan. Aplikasi ini diharapkan dapat menekan laju pertumbuhan stunting di Sulawesi Tengah.

Pada pertemuan tersebut, Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng yang diwakili Saipul SB Umar, selaku Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana Ahli Muda menjelaskan tentang mandat dalam RPJMN 2020-2024 untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan mendukung pembangunan kebudayaan. Dengan sasaran strategis meningkatkan kualitas kesehatan reproduksi yang berfokus pada peningkatan pelayanan KB pasca persalinan dan penurunan kehamilan yang tidak diinginkan.

BACA JUGA  Sebanyak 3.729 Warga Binaan Pemasyarakatan di Sulteng Salurkan Hak Pilihnya

Kegiatan yang diwarnai oleh diskusi lebih mengarah pada evaluasi penguatan pencatatan dan pelaporan pendampingan ibu hamil serta ibu pasca persalinan yang dipaparkan menggunakan aplikasi Elsimil oleh Joicr, SKM salah satu narasumber dari Dinas P2KBP3A Buol.

Menyoroti peran Tim Pendamping Keluarga (TPK) dalam pendampingan keluarga terkait faktor risiko stunting. Joice menekankan agar Aplikasi Elsimil yang alat monitoring dan pendampingan dinilai sangat penting artinya dalam mendukung pendampingan ibu hamil dan ibu pasca persalinan.

” Itulah pentingnya dilakukan diskusi tanya jawab agar kita bisa memahami dan bisa tahu tentang tata cara pengisian data pada aplikasi Elsimil. Pengisian data harus dilakukan secara rutin dan akurat dalam mendukung pendampingan ibu hamil serta ibu pasca persalinan ,” jelasnya.***

Komentar