oleh

Abdul Rahim : Maknai Lomba Kebersihan Jadi Hal Penting Bagi Kehidupan

Kadis DLHD Sulteng, Abdul Rahim, saat ditemui di ruang kerjanya yang saat ini sudah berkantor di lokasi RSUD Undata Lama (eks kantor Balitbanda). (F-Nila)

PALU, Sultengmembangun. com – Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Provinsi Sulawesi Tengah yang tiada jenuhnya melakukan penilaian kebersihan dengan melombakan kegiatan tersebut. Harapannya agar semua pihak akan senantiasa merasa termotivasi untuk selalu menjaga kebersihan. Perlu disadari bahwa kebersihan sudah merupakan sesuatu kebutuhan yang menjadi bagian terpenting dalam kehidupan, tandas Abdul Rahim, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Provinsi Sulawesi Tengah, saat ditemui di ruang kerjanya di eks kantor Balitbanda yang berlokasi di RSUD Undata Lama, Jumat (12/4/2019).

Lomba kebersihan yang diselenggarakan tahun ini, kata Abdul Rahim, sedikit berbeda dengan penilaian lomba sebelumnya. Mengingat kondisi daerah kita ini baru saja tertimpa bencana sehingga penilaiannya hanya terfokus pada hal-hal tertentu saja.

“Kita maklumi bahwa banyak kantor-kantor, sekolah, hotel dan perbankan yang rusak berat karena bencana.. Namun saja hal itu bukan masalah utama dalam memberikan penilaian kebersihan di sebuah kantor. Tetapi bagaimana kita tetap semangat untuk senantiasa menjaga dan menciptakan agar lingkungan tempat kerja/kantor tetap selalu dalam keadaan bersih, ” tuturnya.

BACA JUGA  Sigapi Penyebaran Covid 19, Gubernur Berlakukan Sistim Buka Tutup di Perbatasan Mulai 06.00 - 22.00 Wita

Dan kita sepakati bahwa penilaian lomba kebersihan kali ini, sifatnya hanya semata memberikan dukungan saja supaya kita semua segera bangkit membenahi segala kerusakan yang ada.

“Karena itu, bagi para juara lomba penilaian kebersihan kali ini diminimalisir pemberian kategori penilaiannya terutama bagi OPD atau kantor, sekolah yang kurang bersih. Jangan sampai hal itu memberikan dampak fhisikologis atas hasil penilaian yang diberikan oleh tim penilai, ” ujar Abdul Rahim.

Penghargaan untuk pemenang Lomba Kebersihan diberikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola pada upacara peringatan HUT Provinsi Sulteng ke-55, dan meminta agar para pihak dapat terus meningkatkan keberhasilannya minimal dapat mempertahankan juaranya sebagai pemenang lomba kebersihan ditingkat provinsi Sulawesi Tengah tahun 2019.

Adapun para juara lomba kebersihan tingkat provinsi Sulawesi Tengah tahun 2019, untuk kategori OPD :
Juara Umum : Dinas Pangan Daerah
Pemenang I : RSUD Undata
Pemenang II : UPT. Taman Budaya
Pemenang III : Dinas Kesehatan Daerah

Kategori Lembaga Vertikal/Kementrian ,
Juara Umum : Badan Pusat Statistik (BPS) Sulteng
Pemenang I : Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Palu
Pemenang II : Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu
Pemenang III : Badan Pengawas Obat dan Makanan Sulteng

BACA JUGA  Tim MSNA-HFI Dukung Pemda Sulteng Tangani Pemulihan Kondisi Pasca Bencana

Kategori Non Organisasi Perangkat Daerah/Non Lembaga Vertikal,
Juara Umum : Bank Indonesia Perwakilan Sulteng
Pemenang I : Universitas Tadulako (Untad)
Pemenang II : Bank Mandiri Cabang Palu
Pemenang III : Perum Bulog divre Sulteng

Kategori SLTP/Sederajat :
Juara Umum : MTs Negeri Palu Utara
Pemenang I : MTs Negeri Palu Timur
Pemenang II : SMP Negeri 14 Palu
Pemenang III : MTs Alkhaerat Pusat Palu

Kategori SLTA / Sederajat :
Juara Umum : SMA Negeri 4 Palu
Pemenang I : SMA Negeri 5 Palu
Pemenang II : SMA Negeri 7 Palu
Pemenang III : SMA Negeri 9 Palu.

Komentar

News Feed