oleh

7 Tanda Seseorang Kecanduan Narkoba

Orang yang kecanduan narkoba seringkali tidak menyadari dirinya sudah menjadi pecandu. Mereka merasa tubuh akan terasa sakit bila tidak segera bersentuhan dengan narkoba.
Untuk mengetahui dan membantu seseorang yang kecanduan narkoba agar tidak terbenam semakin dalam, berikut tanda-tanda yang perlu diwaspadai.
1. Perubahan suasana hati
Orang yang kecanduan narkoba selalu mengalami mood swings (perubahan suasana hati yang cepat). Mood bisa berubah beberapa kali bahkan tanpa ia sadari.
Hal ini tergantung, apakah mereka berada di bawah pengaruh obat atau tidak.
2. Depresi
Pecandu narkoba rentan mengalami depresi. Seringnya, mereka hanya bisa merasa senang ketika berada di bawah pengaruh narkoba. Begitu tidak mendapatkannya, mood hancur dan jadi depresi.
Penggunaan obat yang rutin dapat membawa pecandu ke titik euforia yang ekstrem. Hal ini membuat mereka merasa sangat gembira.
4. Perilaku kriminal
Pecandu narkoba akan melakukan apapun untuk mendapatkan lebih banyak obat. Seperti jadi bandar narkoba, mencuri atau merampok.
5. Kecemasan terus menerus
Penggunaan obat-obatan yang terus-menerus menimbulkan kegelisahan.
6. Ingin obat lebih banyak
Kecanduan obat dapat membuat seseorang menginginkan lebih banyak obat. Hal ini akan membuat dosis yang mereka gunakan bisa terus meningkat.
7. Perubahan penampilan
Individu yang kecanduan obat cenderung tampil berbeda dibandingkan sebelum mereka mulai kecanduan. Obat-obatan seperti heroin dan kokain dapat menyebabkan individu menjadi kurus.
Ganja dapat menyebabkan berat badan bertambah bagi beberapa orang.

BACA JUGA  Menyikapi Persebaran Covid-19 di Dunia Pendidikan, Ketua PGRI Sulteng Angkat Bicara

Komentar

News Feed