oleh

Resmi Dibuka, Festival Tenun Donggala 2023 Upaya Lestarikan Warisan Budaya

F-dok.ist

SULTENGMEMBANGUN.COM -Donggala, – Bupati Donggala, Kasman Lassa secara resmi membuka Festival Tenun Donggala  2023, Kamis (10/8/2023).

Festival ini diadakan di Lapangan Desa Towale, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, dan bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kabupaten Donggala.

Acara pembukaan dimulai dengan pementasan Tari Pontanu karya Alm. Hasan Bahasyuan, yang kemudian diikuti oleh berbagai pertunjukan kesenian dan kebudayaan seperti musik tradisional, kuliner khas Donggala, serta pameran karya tenun khas Donggala, juga dirangkaikan dengan kegiatan lainnya yang diharapkan dapat memberikan pengalaman budaya lokal yang lebih lengkap kepada para pengunjung.

Bupati Donggala, Kasman Lassa, dalam sambutannya menyatakan bahwa Tenun Donggala telah dikenal di seluruh dunia sejak dahulu, mengingat posisi Donggala sebagai pusat perniagaan di pesisir Pulau Sulawesi. Oleh karena itu, ditekankan pentingnya melestarikan dan mengembangkan produksi Tenun Donggala, sehingga mendorong adanya inovasi dan kualitas dalam pembuatan Tenun Donggala.

Bupati juga mendorong pemberdayaan para pengrajin Tenun Donggala untuk meningkatkan produksi dan kualitas produk mereka serta mewariskan pengetahuan tentang tenun ini kepada generasi berikutnya.

BACA JUGA  Hari Raya Iduladha, Kemenag Donggala Sembelih 12 Ekor Sapi dan 1 Ekor Kambing

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala, Rustam Effendi menyatakan bahwa Festival Tenun Donggala tahun ini mengangkat tema Tenun Donggala Menuju Warisan Budaya Dunia.

“Festival ini tidak hanya memberi dampak positif terhadap ekonomi lokal tetapi akan membantu menjaga warisan budaya dan tradisi tenun yang sudah ada selama berabad-abad, juga Festival bertujuan untuk menguatkan usulan pengakuan dunia melalui UNICEF sebagai bagian dari warisan budaya tak benda” tuturnya.

Festival Tenun Donggala ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 10 hingga 12 Agustus 2023. Ini merupakan kali kedua festival ini diadakan di Kabupaten Donggala, setelah sebelumnya diselenggarakan pada tahun 2022 lalu.

Komentar